Manfaatkan Fitur Rahasia Android Jelly Bean

Manfaatkan Fitur Rahasia Android Jelly Bean

Pada artikel kali ini kita akan belajar tips bagaimana memanfaatkan secara penuh fungsi dari Android Jelly Bean, ini bisa membuat smartphone kita menjadi lebih mantap dibandingkan sebelumnya. Jelly Bean sendiri merupakan sistem operasi yang terbaik dari smartphone Android, namun sudahkah kamu memanfaatkan fitur tersembunyi di baliknya?

Rata-rata pengguna smartphone memanfaatkan sistem operasi berbasis Jelly Bean sekadarnya saja, tanpa mengetahui performa rahasia di baliknya, dan tentu hal ini akan sangat disayangkan. Namun, bagaimanapun trik ini bisa jalan atau tidaknya bergantung juga pada vendor perangkat smartphone yang kita gunakan. Walaupun begitu, jangan terlalu khawatir, karena banyak pengguna Android Jelly Bean yang berhasil menjalankan trik ini, selamat membaca;

Take Screenshot dengan Jelly Bean

Ini merupakan fitur pada iPhone, diberi nama screenshot capturing, walaupun begitu sejak pertama kali dikeluarkan, Android kurang memberikan perhatian lebih pada fitur ini. Bagi pengguna sistem operasi Android Ice Cream Sandwich dan juga sistem operasi sebelumnya, juga dapat menggunakan fitur screenshot capturing ini. Trik untuk menggunakannya yaitu dengan menekan dan menahan tombol kunci bersamaan dengan tombol suara atau volume ke bawah, lakukan bersamaan. Setelah berhasil, hasil dari screenshot akan tersave otomatis di dalam galeri. Masih bingung? Coba lihat video tutorial mengambil screenshot di android yang sudah pernah kami tuliskan beberapa waktu lalu
Mengambil Screenshot di Android
Mengambil Screenshot di Android

Voice Search

Fitur ini merupakan yang paling baik dari sistem operasi Android Jelly Bean, yaitu fitur voice search. Anda dapat menemukan fitur ini pada bagian atas halaman utama. Kegunaan dari widget ini yaitu untuk melakukan pencarian hanya dengan mengclick dan kemudian berbicara mengenai kata kunci dari apa yang ingin Anda cari dari search engine Google (keywordnya).

Voice Search di Android
Voice Search di Android

Lock the Rotation

Saat melakukan browsing internet dan juga menonton video, sebagian besar pengguna smartphone sangat malas memutar layarnya, di mana layar berputar biasa terjadi otomatis. Dengan menggunakan fitur lock the rotation ini, dari judulnya saja kita bisa menebak fungsinya, ya, yaitu untuk mengunci tampilan monitor secara otomatis. Caranya mudah sekali, cukup mengatur setting tampilan di display settings, kemudian hapus tanda centang yang ada pada option auto rotate screen.
mengunci rotasi
Mengunci Rotasi

Google Now

Fitur berikutnya yang bernama Google Now, ini mirip dengan iGoogle (Fitur yang direncanakan untuk ditutup oleh Google). Ponsel berbasis Android Jelly Bean dapat menggunakan fitur Google Now, bermanfaat untuk mengetahui informasi mengenai harga, waktu, cuaca, dan juga informasi selebritis, dan masih banyak informasi lainnya yang ditampilkan di widget ini.

Google Now
Google Now

Widgets dan Icons

Tips ini juga wajib diketahui oleh pengguna smartphone berbasis Android Jelly Bean, untuk digunakan pada icon-icon yang ada pada halaman awal. Anda bisa memindahkan widget dan juga icon ke ruang yang berbeda, caranya yaitu dengan menekan dan menahan icon, icon akan berubah menjadi 'icon bergerak'. Jika Anda kemudian mau menghapus widget yang ada di halaman awal dari Jelly Bean, caranya cukup dengan menekan dan menahan pada icon manapun, lalu geser ke bagian atas layar, hingga nanti muncul kolom 'remove'.
Widget dan Icon
Widget dan Icon

Matikan Notifikasi Saat Membuka Aplikasi Android Tertentu

Fitur berikutnya yang tidak kalah keren dari Jelly Bean yaitu Anda bisa mematikan fungsi pemberitahuan atau notification berdasarkan apps tertentu, terutama pada apps yang Anda anggap mengganggu karena terlalu sering muncul suara notification yang sangat sering. Triknya mudah sekali, ikuti langkah berikut. Settings > Application > Tap di aplikasi yang mau Anda matikan notificationsnya > uncheck show notifications, berikutnya tidak akan ada kebisingan lagi, dan Anda akan merasa lebih nyaman.
Matikan Notifikasi
Matikan Notifikasi

Sekian informasi mengenai trik fitur rahasia Android Jelly Bean, semoga bisa membantumu memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di android jelly bean. Ikuti terus informasi dan tips trik aplikasi android hanya di sini.