Apa itu USB OTG dan Apa Fungsinya?

Apa itu USB OTG dan Apa Fungsinya?

Kamu tahu nggak apa itu USB OTG? Jadi, USB OTG itu singkatan dari USB On-The-Go. Ini merupakan teknologi yang bikin perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer bisa jadi host untuk perangkat USB lainnya. 

Jadi, dengan USB OTG, kamu bisa menghubungkan keyboard, mouse, atau flash disk ke hape android kamu.

Pada kesempatan ini aplikasineandroid ingin membahas tentang USB OTG, cara kerja, manfaat, kegunaan dan keterbatasannya.

Apa Itu USB OTG ?

Kabel USB OTG
Kabel USB OTG by androidpit

USB OTG (USB On The Go) merupakan salah satu aksesoris android yang bisa membantumu menggunakan perangkat USB di hape android yang kamu gunakan.

Selain bisa menghubungkan perangkat usb seperti flashdisk dan semacamnya, kamu juga bisa menggunakan berbagai macam hardware yang menggunakan USB. Seperti keyboard maupun instrumen musik. Menarik bukan?

Bagaimana Cara Mengetahui HP Mendukung OTG?

jenis dan model OTG
Jenis jenis OTG by androidpit
Sayangnya tidak semua perangkat bisa menggunakan OTG. Saya pernah menggunakan handphone yang tidak bisa membaca OTG. Memang sangat disayangkan, karena dengan menggunakan OTG bisa lebih praktis untuk memindahkan data-data yang lumayan besar maupun yang portable.

Tapi tidak perlu khawatir, hampir semua handphone android saat ini bisa menggunakan OTG. Jadi kalau kamu memiliki handphone terbaru yang keluar sekitar dua tahun belakangan. InsyaAllah sudah mendukung OTG.

Kalau masih belum yakin, kamu bisa coba cek ke website-website informasi spesifikasi handphone untuk mengetahui apakah handphone sudah mendukung OTG ?

Cara Menggunakan USB OTG?

Bagaimana sih cara menggunakan OTG? Caranya sebenernya sih super duper gampang, sama kaya cara menggunakan flashdisk . Tinggal di colokin ke handphone, kemudian satunya tinggal di colokin perangkat USB. Kalau belum punya, bisa beli di Lazada, ada banyak mulai dari yang murah hingga yang mahal. Ingat satu prinsip, Ono Rego, Ono Rupo.

Apa sih Gunanya USB OTG ?

Ada beberapa point penting tentang kegunaan OTG sehingga bisa memaksimalkan penggunaan perangkat mobile. Berikut beberapa contoh fungsi USB OTG yang bisa kamu rasakan manfaatnya.
  • Menghubungkan Mouse maupun Keyboard, sehingga kamu bisa menggunakan keyboard fisik untuk mengetik di android. Bukankah akan lebih cepat dan mudah apabila kamu sudah terbiasa?
  • Kalau kamu suka bermain dengan musik, kamu juga bisa menghubungkan hp androidmu dengna midi player lho
  • Yang paling sering aku gunakan sih menggunakan flashdisk di hp android. Jadi bisa copy paste file dari android ke flashdisk dan sebaliknya. Terutama untuk mindahin data dari hp ke flashdisk
  • Bisa juga digunakan untuk game kontrol, sehingga kamu bisa memainkan game menggunakan joystick. 
Apakah kamu sudah bisa membayangkan manfaat dari USB OTG? Kalau belum punya kamu bisa coba lihat-lihat katalognya dulu dengan klik gambar di bawah ini. Harga kabel OTG mulai dari 15 ribuan saja.