Sabtu, 26 Februari 2022

Unlimited Nonstop Buat Internetan, Tanpa Takut Ngadat!

Unlimited Nonstop Buat Internetan

Ngomongin soal kerja serabutan, kalau enggak bisa mengelola waktu dengan benar ya jadinya malah kelabakan sendiri. Namanya kerja di dunia kreatif seperti ini emang enggak bisa lepas dengan namanya
gadget dan sinyal internet untuk menunjang pekerjaan iya, untuk hiburan iya. 


Pekerjaan di dunia kreatif kek gini emang menuntut untuk selalu mengeluarkan ide-ide baru. Harus punya gebrakan baru dan daya juang tinggi. Lengah sedikit yang berantakan. Jadi, ketika penat melanda atau ide mentok cara ampuhnya istirahat sejenak. Apalagi kalau mentok ide, emang cara terbaik adalah kasih jeda dulu. 


Jeda buat istirahat, buat nyari yang seger-seger dulu. Kerjaan dikesampingkan sebentar daripada dipaksa malah hasilnya enggak karuan. Cuma ya harus tahu waktu dan batasan, agar semua kerjaan cepat selesai dengan baik dan maksimal.


Beberapa hal bisa dilakukan ketika memilih jeda karena penat kerjaan. Pertama, bisa keluar ruangan misalnya dengan menikmati halaman kantor atau rumah. Melihat sekeliling, apalagi lihat yang hijau-hijau. Tinggalkan layar komputer atau ponsel sejenak. 


Kedua, bisa memilih untuk keluar kantor atau rumah sekalian. Bisa jalan-jalan kecil sekitar kompleks. Mampir beli makan dan minum, ataupun sekalian memenuhi asupan kafein juga bisa. 


Ketiga nih, cari hiburan yang disukai. Mungkin nonton film sejenak atau pantengin media sosial. Biasanya kalau ide udah mentok, dibikin untuk scroll media sosial nih siapa tahu bakalan nemu ide tanpa diduga. Nah, kalau kek gini butuh banget akses ke media sosial dengan sangat cepat tanpa halangan. 


Awal bulan ini nih, Smartfren memperkuat posisinya sebagai rajanya paket Unlimited dengan meluncurkan paket Unlimited Nonstop terbaru. Wih dapat kejutan apalagi nih dari provider favorit? 


Jadi, kita bisa mengakses aplikasi favorit kita selama 24 jam nonstop bahkan kita juga bakalan mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis. Selain untuk bermain media sosial, nonton sampai streaming serial K-Drama seharian pun bisa. Bahkan untuk pekerja kreatif seperti kita pun bisa banget untuk unggah video dengan ukuran besar ke media sosial. Kalau mau meeting jarak jarak jauh pun enggak perlu khawatir juga dengan sinyal internet. 


Akses nonstop didapat secara otomatis setelah kuota utama habis. Keunggulan akses ini, pengguna akan tetap bisa mengakses aplikasi kebutuhan sehari-hari seperti biasa. Mulai dari aplikasi pesan instan, aplikasi pembayaran, belanja, hingga transportasi online. 


Smartfren Unlimited Nonstop tersedia dalam bentuk kartu perdana dan voucer data berbagai pilihan. Mulai dari Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp10.000 dengan masa aktif 10 hari, Unlimited Nonstop 3 GB seharga Rp15.000 dengan masa aktif 14 hari, Unlimited Nonstop 6 GB seharga Rp30.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000 dengan masa aktif 30 hari, dan Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000 dengan masa aktif 30 hari.  Selain itu, seluruh pilihan tersebut sudah termasuk dengan gratis telepon ke seluruh nomor Smartfren. Khusus Unlimited Nonstop 3 GB dan 6 GB, pelanggan akan mendapatkan bonus kuota lokal hingga 4 GB.


Pelanggan Smartfren juga bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik. Untuk pelanggan Smartfren yang pertama kali download aplikasi MySmartfren, bisa memperoleh bonus kuota data 5 GB. Kemudian setiap kali melakukan pembelian paket data, pelanggan bisa memperoleh Smartpoin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Mulai dari penukaran Smartpoin dengan minuman/makanan tertentu di Indomaret, kupon potongan belanja di Tokopedia, hingga kupon potongan pembelian items untuk game Mobile Legend atau FreeFire





Advertisement

Selasa, 25 Januari 2022

No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar, Lebih Puas Berselancar di Dunia Maya

Brand Ambassador Smartfren

Selama lebih dari dua tahun lebih saya menggunakan  Smartfren sebagai provider internet untuk menunjang segala aktivitas. Apalagi pekerjaan saya juga enggak jauh-jauh dengan namanya akses internet. Selain itu, internet juga menunjang mobile saya di Blitar dan sekitarnya.

Baca: Review Internet Smartfren di Blitar


Sejauh ini enggak ada kendala yang berarti menggunakan Smartfren. Bahkan cukup terselamatkan karena akses internetnya cepat dan mudah. Pekerjaan dan keseharian saya cukup bisa dilewati dengan baik karena akses internet yang cepat.


Zaman sekarang kita memang enggak bisa lepas dengan yang namanya internet. Mulai dari kebutuhan untuk mendapatkan informasi, untuk hiburan, untuk berkarya, bahkan untuk menunjang pekerjaan di dunia digital seperti ini. Apalagi sudah memasuki tahun baru seperti ini, pasti di antara kita punya resolusi tahunan. Mungkin salah satunya yakni memperbarui diri.


Dalam arti, ingin meningkatkan kemampuan di bidang tertentu. Ingin berkarya dan menghasilkan sesuatu yang besar alias membawa perubahan. Kalau butuh referensi pasti larinya ke dunia maya, cari beberapa pandangan baru. Maka dari itu, akses internet juga butuh diperbarui untuk mencapai resolusi tahunan. Saya pun demikian, harus upgrade diri. 


Kabar gembira provider yang saya gunakan punya sesuatu yang baru untuk menunjang aktivitas. Awal tahun ini Smartfren mengeluarkan paket Smartfren Unlimited terbaru yang memberi pelanggan bonus double FUP. Dengan adanya bonus double FUP ini diharapkan pelanggan setia makin puas dan makin cepat puas mengakses internet. Entah untuk seharian cari-cari informasi, nonton film, streaming film, dan musik sampai bermain games e-sport.


Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren selalu menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan digital masyarakat. Mengawali tahun 2022 ini, Smartfren melihat kebutuhan internet masyarakat makin meningkat karena semakin banyak kegiatan yang dilakukan secara digital, baik itu belajar maupun bekerja. Karena itu Smartfren meluncurkan paket Unlimited dengan manfaat double FUP yang pastinya akan memberikan pengalaman koneksi internet untuk menjadi teman terbaik bagi mereka yang ingin internetan jadi no drama no ribet.”


Apa saja sih keunggulan dari  bonus double FUP?  yakni Smartfren Unlimited Harian yang berlaku 24 jam yang bisa dipakai di semua aplikasi tanpa syarat dan bisa dipakai dari lokasi mana pun. Terus nih, pelanggan juga punya banyak pilihan Unlimited Harian lain yang berlaku 24 jam dan bisa dipakai untuk semua aplikasi, yaitu mulai dari Unlimited Harian Rp22.500 yang berlaku 7 hari, Rp40.000 untuk 14 hari dan Unlimited Harian Rp60.000 yang berlaku 28 hari.


Lainnya nih, selain kepuasaan dalam mengakses internet kalian bisa mendapatkan bermacam-macam hadiah dengan mengumpulkan SmartPoin setiap kali membeli paket internet. SmartPoin yang didapat bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah, mulai dari makanan atau minuman, items dalam game FreeFire atau Mobile Legends, ditukar jadi paket data atau hadiah menarik lainnya. 


Bersamaan dengan paket Smartfren Unlimited terbaru, Smartfren juga resmi menggandeng UN1TY sebagai brand ambassador. Dipilihnya UN1TY sebagai brand ambassador karena memiliki semangat yang sama dalam kokreasi dan berkolaborasi, sekaligus menguatkan Smartfren sebagai brand yang membuka peluang industri kreatif. Siapa sih yang dipilih brand ambassador ini?


UN1TY adalah grup musik yang beranggotakan 8 orang anak muda yang secara konsisten mengajak anak – anak muda untuk terus berkarya dan menyebarkan semangat positif. Pada 2019 silam grup musik ini memulai debut dengan dua single berjudul “Coba Cintaku” dan “Satu”. UN1TY sebelumnya juga pernah berkokreasi bersama Smartfren untuk membuat video musik “Friendzone”yang merupakan original soundtrack film televisi “Dari Jendela SMP”. 


Wih bener-bener cocok banget ya jiwa-jiwa anak muda ini bisa menyebarkan hal baik di dunia digital seperti ini. Oh ya! Bonus double FUP ini bisa didapatkan untuk pembelian paket dalam periode promo mulai yang dimulai dari 12 Januari 2022. Buruan!

Senin, 27 Desember 2021

Buka Peluang Sehat dari Rumah

Buka Peluang Sehat dari Rumah



Tahun 2021 bukanlah tahun yang menyenangkan untuk semua orang, namun saya tahu banyak  pelajaran berharga yang bisa diambil di tahun kedua pandemi ini. Termasuk saya yang belajar banyak tentang masalah kesehatan!

Menghabiskan sebagian besar waktu di rumah juga dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh, salah satunya adalah obesitas. Saya mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan selama pandemi. Ini membuat gerak saya menjadi lebih terbatas. Pokoknya susah buat sat set wat wet.

Bagaimana tidak, mobilitas dibatasi untuk menekan penyebaran virus COVID-19. Hal ini memaksa berbagai aktivitas fisik menjadi daring. Hal ini yang membuat aktivitas saya di depan monitor menjadi makin lama

Diskusi Buka Peluang Bersama Teman

Setahun belakangan saya mengalami beberapa gangguan kesehatan yang membuat hidup saya semakin tidak nyaman. Kata orang-orang, sehat itu merupakan harta yang tak ternilai, karena dengan sehat kita bisa bebas melakukan apapun. Bahkan mau makan durian sepuasnya pun bisa. Berbeda dengan orang-orang yang sudah mulai memiliki gangguan kesehatan seperti darah tinggi, tentu mereka enggak bisa lagi makan durian sepuasnya.

Menghabiskan waktu daring di rumah dengan internet unlimited tentu bisa membuka peluang diskusi dengan teman tentang kesehatan. Apalagi untuk orang-orang yang memasuki usia kepala tiga seperti saya ini.

Kesehatan merupakan topik yang mutlak akan dibicarakan oleh semua orang. Bahkan orang yang tampak sehat-sehat saja tentu akan dengan senang hati membicarakan masalah ini. Termasuk teman-teman saya yang selama ini enggak pernah membicarakan masalah ini pun memiliki kegelisahan yang sama.

Aktivitas Fisik di Rumah

Jika aktivitas olahraga fisik di luar rumah jadi sangat terbatas, saya pun memutuskan untuk banyak melakukan aktivitas fisik di dalam rumah. Kalaupun di luar rumah, saya memilih aktivitas fisik seperti jalan-jalan santai dan bersepeda.

Dua aktivitas fisik tersebut tidak mengharuskan saya untuk bertemu orang banyak dan tetap bisa melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 selain mengikuti program vaksin dari pemerintah.

Memperbaiki Gaya Hidup

Gegara membaca buku one simple change karya Winnie Abramson, saya mulai belajar bagaimana caranya menghargai kesehatan dengan memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat.

Berbekal internet unlimited dari Smartfren, saya bisa browsing berbagai macam workout yang bisa dilakukan dari rumah. Salah satunya menggunakan aplikasi Fit On yang tersedia di perangkat android maupun iOS.

Selain itu saya juga mulai menjaga pola makan yang sehat, membaca berbagai referensi menu makanan sehat dari ahlinya langsung. Sehingga tidak mudah percaya dengan katanya. Kebanyakan katanya itu hanyalah sebuat mitos.

Dengan kuota unlimited, bisa bebas browsing dan mencari tau berbagai macam hal tanpa perlu pusing mikirin berapa banyak kuota internet yang habis. Secara tidak langsung ini membuka peluang saya untuk bisa menjalani hidup yang lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Resolusi Tahun 2022

Salah satu resolusi di tahun 2022 yang ingin saya capai adalah hidup sehat! Mengurangi berat badan yang sudah berlebih ini merupakan salah satu prioritas. 

Saya percaya bahwa dalam waktu setahun dan akses informasi tanpa batas, saya bisa menjadi lebih sehat yang secara tidak langsung akan membuat saya juga bisa lebih produktif dalam berkarya.

Nggak perlu bingung lagi tentang kuota internet kalau sudah pakai smartfren unlimited. Harga murah dan kamu bisa membuka peluang tanpa batas mau ngapain aja untuk memenuhi cita-citamu!

Rabu, 29 September 2021

Berburu Harta Karun ala Smartfren di Rejeki WOW Treasure Hunt!

Rejeki WOW Treasure Hunt Smartfren

Internet sudah sangat lekat dengan kehidupan saat ini, termasuk juga saya. Saya enggak bisa jauh-jauh dengan yang namanya internet. Semua urusan pekerjaan saya sampai pribadi juga tidak lepas dari internet.
Internet juga membantu  sekali di pekerjaan saya untuk menulis blog, membuat dan mengunduh video pendek di tiktok, juga unggah konten video di youtube. Saya membutuhkan internet untuk bekerja bersama teman-teman meski jarak terpisah.


Dua tahun lebih saya menggunakan  Smartfren sebagai provider internet untuk membantu kesibukan kerja dan ngonten yang cukup padat. Tentunya selalu ada alasan akan setiap hal ya, termasuk alasan memilih Smartfren sebagai provider internet untuk berselancar di dunia maya. Saya enggak banyak khawatir untuk jaringan dan sinyal internet yang tersedia terutama kualitas sinyal Smartfren di wilayah Blitar tempat tinggal saya.  Jadi, Smartfren sudah menjadi teman dalam beraktivitas.


Baca: Review Internet Smartfren di Blitar


Enggak rugi memilih provider internet satu ini karena selain kemudahan masalah sinyal internet,  juga mendapatkan keuntungan lainnya. Seperti halnya kita nih, sebagai pelanggan setia bakal bisa dapetin hadiah hingga miliaran rupiah dengan hanya bermain game. Siapa sih yang enggak suka main game? Apalagi saat ini banyak game online yang bermunculan. Nah, main game ala Smartfren ini bisa jadi alternatif lain untuk kita. 


Game yang seru adalah game yang menantang dan penuh misteri. Game berburu harta karun ala Smartfren ini salah satunya. Kamu bisa merasakan sensasi berburu harta karun untuk mendapatkan berbagai hadiah istimewa dari Smartfren. Permainan berburu harta karun ala Smartfren yakni Rejeki WOW Treasure Hunt. Pasti kamu udah tahu permainan seru satu ini. Yap! sekarang udah periode ketiga nih. 


Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga ini, kamu bisa mendapatkan peluang hadiah lebih banyak dan mudah. Smartfren menghadirkan program Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga dengan hadiah yang lebih WOW hingga  total miliaran rupiah. Program ini merupakan apresiasi untuk seluruh pelanggan yang selalu menjadikan layanan internet Smartfren sebagai teman buka peluang baru dan mewujudkan cita-cita mereka. Berkarya dengan lancar menggunakan Smartfren. 


Nah, kamu cukup simak dengan ringkas cara mengikuti game ini. Berburulah harta karunmu sekarang! Pertama, tentunya kamu harus instal dan update aplikasi MySmartfren. Untuk pelanggan yang baru pertama kali install, aplikasi MySmartfren milikmu akan mendapat bonus kuota 5 GB. Wah, gimana enggak kurang oke nih ya?


Nah, untuk langkah selanjutnya nih setelah meng-install kalian cukup buka aplikasinya dan mula perjalanan berburu harta di gurun pasir. Setiap kali melakukan pengisian pulsa atau membeli paket internet, pelanggan akan melaju lebih dekat ke Oasis tempat harta tersembunyi. Nilai pengisian pulsa atau pembelian paket tersebut berlaku akumulasi ya. 


Perlu juga nih diperhatikan supaya harta karunmu makin dekat terlihat dan tergapai. Jadi setiap kali telah mencapai total Rp100.000 dan kelipatannya di Oasis, maka pelanggan bisa membuka peti harta karun yang berisi berbagai hadiah. Hadiah yang bisa kamu dapatkan seperti smartpoin, pulsa, kuota youTube, smartphone, tablet, TV, laptop, atau logam mulia. 


Jika berhasil mencapai ketiga Oasis, pelanggan mendapatkan kesempatan memenangkan grand prize berupa city car (Honda Brio), SUV (Honda BRV), tabungan ratusan juta rupiah, logam mulia, atau sepeda. Semakin banyak transaksi semakin besar hadiahnya.


Tenang aja, kamu bisa dengan mudah dan mendapatkan banyak peluang untuk memenangkan game ini. Buktinya saja nih, pemenang Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Pertama dan Kedua tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bener-bener hadiah nyata dan enggak sedikit. 

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Selamat bagi mereka yang telah memenangkan hadiah dari Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt periode sebelumnya. Jangan berkecil hati bagi yang belum menang karena sekarang telah hadir Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga. Program ini merupakan apresiasi dari Smartfren bagi seluruh pelanggan dan masyarakat Indonesia. Lebih dari sekadar membagikan hadiah, program ini merupakan wujud nyata dari visi Smartfren memberikan layanan internet yang memberikan manfaat positif serta menjadi teman buka peluang baru dari seluruh pelanggan.

Buruan buru harta karunmu sekarang juga di  Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga ini. Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga berlangsung pada 21 September 2021  hingga 14 Januari 2022. Sembari rebahan bisa dapat hadiah, ya enggak?

Jumat, 17 September 2021

Cara Hapus Other di Storage Xiaomi

Storage penuh! Pesan error yang didapatkan ketika sedang melakukan export video untuk konten salah satu media sosial yang tim saya kerjakan di kantor. Aneh sih, handphone yang hanya digunakan untuk CS kok bisa sampai penuh. Padahal memiliki kapasitas penyimpanan 32Gb.

Tim saya juga sudah menghapus banyak file berukuran besar, membersihkan galeri, clear cache dan berbagai pembersihan file-file log lainnya. Faktanya, memorinya memang sudah penuh. Setelah saya cek di file manager ternyata ada 17Gb yang dihabiskan oleh file other.

File Other di Handphone Redmi

Hapus Other  di Xiaomi

Saya tidak begitu yakin sebenarnya apa isi dari file other di handphone redmi yang membuat storage handphone penuh. Sepertinya ini semacam file trash / recycle bin yang boleh dikosongkan untuk membuat media penyimpanan longgar lagi.

Sehingga nggak ada masalah meskipun file other ini dihapus. Nggak akan membuat handphone error. Saya mengatakan ini karena sudah menghapus file ini dan handphone bisa tetap digunakan oleh cs tanpa ada halangan apapun

File manager yang bisa memunculkan hidden folder sepertinya akan bisa digunakan untuk menghapus file ini. Pada aplikasi bawaan redmi sepertinya fitur tersebut enggak ada, sehingga saya memutuskan untuk menghapusnya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download gratis di play store.

Cara Menghapus File Other di Xiaomi
Storeage Analyzer

Aplikasi yang saya gunakan untuk menghapus file Other adalah Storeage Analyzer yang bisa kamu download di sini. Setelah proses download selesai, langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut ini
  • Buka aplikasi Storage Analyzer 
  • Tunggu proses scaning aplikasi hingga selesai
  • Buka file categories
  • Hapus file other yang ada di paling atas
Setelah proses tersebut selesai, storage pada handphone xiaomi nggak akan penuh lagi bund.

Selasa, 29 Juni 2021

Sudah Siap Ngebut Pake Internet Kenceng 5G?

Pertengahan bulan Juni lalu Kominfo dan Smartfren menggelar uji coba teknologi 5G tahap kedua. Ujicoba ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja teknologi yang tidak lama lagi mulai diimplementasikan. 

Dengar-dengar juga nih, teknologi ini akan mempermudah penggunaan berbagai macam kebutuhan di era internet seperti sekarang ini. Seperti mobil yang bisa nyetir sendiri, kontrol smarthome dari jauh, dan berbagai peralatan yang mulai tergantung pada internet. 

Speedtest Internet 5G

Kemarin waktu ujicoba dan disiarkan secara live, download speednya bisa sampai 1,85 Gbps. Wedyaaan! Buat download macem-macem gak bakalan butuh waktu lama. Dalam hitungan detik, bisa buat download macam-macam

Apa Kata Mereka?

Testing Jaringan 5G


Ini kata mereka yang langsung hadir dalam ujicoba
Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G - Mulyadi, ST., MT.,  Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo

Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar - Merza Fachys, President Director Smartfren

Kami percaya bahwa 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G. Kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita. - Warren Huang, Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia

Qualcomm menyambut baik kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0, di mana 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. Kami sangat berkomitmen dalam mendukung Indonesia untuk meningkatkan berbagai inovasi 5G serta mendapatkan bermacam-macam manfaatnya - Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia

Sedangkan saya yang cuma nulis di aplikasineandroid.com ini menambahkan memang perlu adanya sinergisitas antar stakeholder sehingga teknologi ini bisa segera diadaptasi dan bisa diakses oleh masyarakat pada umumnya.

Meski sampai saat ini di wilayah Kota Blitar, jaringan internet 4G sudah cukup stabil, namun memimpikan hadirnya jaringan 5G sepertinnya membutuhkan waktu selama beberapa tahun kedepan. Setidaknya dengan adanya wacana ini, saya sudah bisa mulai mempersiapkan menabung untuk membeli perangkat yang sudah mendukung teknologi 5G.

Buat Apa?

Hadirnya teknologi 5G akan punya dampak yang banyak banget. Nggak ada alasan lagi masyarakat di daerah seperti saya untuk sambat internet lemot ketika ngikuti video tutorial. Nggak ada lagi video burik ketika mengikuti kelas-kelas online yang bisa saja beradampak pada tingkat kepercayaan diri.

Meski di pertengahan tahun 2019 lalu sebenarnya Smartfren sudah mencoba dan mendapatkan kecepatan hingga 8.7 Gbps di frekuensi 28 Ghz, namun hal tersebut sepertinya digunakan oleh pelanggan dengan kebutuhan khusus seperti pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restrcited area menggunaakn virtual reality serta drone.

Untuk rakyat pada umumnya seperti kita ini, penggunaan Mifi dengan jaringan 5G sudah lebih dari cukup bund. Setidaknya dengan adanya 5G bisa digunakan untuk upload konten-konten beresolusi tinggi di akun berbagi video seperti Youtube.

Tadinya cuma upload Full HD 30FPS, jadi berani upload 4K 60fps. Kualitas video yang ditayangkan pun akan semakin baik.

Semoga saja teknologi ini segera terealisasi dan bisa digunakan berbagai elemen masyarakat. Terutama dari segi harga dan jangkauannya.