Cara Transfer Data Mudah dari Android ke Mac

Cara Transfer Data Mudah dari Android ke Mac

Ponsel android kini semakin canggih dengan ragam fitur yang ada, bahkan dalam beberapa kasus tidak membutuhkan perangkat komputer maupun laptop untuk menyelesaikan pekerjaan karena sudah bisa dihandle oleh ponsel android. Kadangkala kita masih perlu memindahkan data dari perangkat android ke laptop maupun pc. Untuk pengguna windows dan linux mungkin mudah, karena tinggal colok udah langsung kesambung. Tapi buat pengguna mac? Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghubungkan perangkat android ke perangkat Mac

Android File Transfer

 Android File Transfer di Mac
Android File Transfer di Mac
Cara pertama ini memerlukan instalasi software yang bernama Android File Transfer di perangkat Mac yang kamu miliki. Kamu bisa download di sini. Berikut langkah-langkah cepat supaya perangkat androidmu bisa terhubung ke perangkat mac
  • Download Android File Transfer
  • Install Android File Transfer
  • Hubungkan perangkat android ke perangkat mac dengan kabel USB
  • Buka finder dan klik 2x pada menu Android File Transfer
  • Setelah itu kamu udah bisa browsing dalemannya perangkat android yang kamu miliki.
Selain cara di atas, masih ada lagi cara lain untuk melakukan transfer tanpa harus melakukan instalasi software pada perangkat mac.

AirDroid

 Air Droid
Air Droid
Berbeda dengan android file transfer yang mengharuskan kita melakukan instalasi pada perangkat mac, apabila kita menggunakan AirDroid kita hanya perlu melakuka instalasi aplikasi pada perangkat android.

Meskipun relatif mudah karena kita bisa mengakses data dalam perangkat hanya menggunakan browser, namun kita harus berada dalam satu jaringan wifi / lan apabila ingin menggunakan cara ini. Karena sifatnya local. Sedangkan kalau menggunakan fitur web sama aja kita upload dan download.

Kesimpulan

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk melakukan transfer data dari android ke mac, terserah mana yang mau dipilih. Masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan. Mungkin itu saja postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk yang kesulitan melakukan transfer data dari perangkat android ke perangkat mac.