6 Fitur Baru Whatsapp yang Harus Kamu Tahu

6 Fitur Baru Whatsapp yang Harus Kamu Tahu

Apakah kamu menggunakan aplikasi chatting whatsapp ? Sebuah aplikasi chating yang begitu populer dan mudah untuk digunakan oleh semua kalangan. Nah, kalau kamu sudah update whatsapp, ada baiknya kamu untuk mengetahui beberapa fitur baru, berikut beberapa fitur terbaru di whatsapp yang harus kamu ketahui telah dirangkum oleh aplikasine android.

Fitur Tandai Pesan

Kalau sebelumnya untuk mencari sebuah pesan kamu harus scrolling ke atas dengan sangat jauh, kini kamu bisa memanfaatkan fitur penanda pesan sehingga kamu bisa mencari pesan penting dari obrolan dengan cepat dan mudah. 

 Fitur Tandai Pesan
Fitur Tandai Pesan

Meski ada fitur search, namun dengan fitur tersebut masih cukup sulit untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena bisa saja banyak muncul pilihan informasi yang ada di seluruh chat.

Backup Chat di Google Drive

Secara default, whatsapp memang membuat backup dari semua chat kita, namun terkadang itu memakan memori banyak. Apalagi ponselnya tidak dilengkapi dengan memori yang cukup besar. Pada aplikasi chatting whatsapp terbaru ini kamu bisa melakukan backup chat ke google drive.
 Backup whatsapp google drive
Backup whatsapp google drive
Seenggaknya dengan backupan ke google drive kamu bisa bernafas lega karena tidak memakan memori internal dari perangkat mobile yang kamu gunakan. Kamu juga bisa lho memilih berapa lama melakukan backup rutinan, entah itu harian, mingguan maupun bulanan. Mudah kan?

Cara Mudah Clear Chat

Fitur ini benar-benar membantu kamu yang ingin chatnya bersih. Karena selain clear all chat, fitur ini juga menyediakan pilihan untuk memilih durasi chat yang di clear, entah itu lebih lama dari 30 hari dan sebagainya.
Clear Chat Whatsapp
Clear Chat Whatsapp
Dengan adanya fitur ini, whatsappmu jadi lebih ringan karena cachenya berkurang drastis gegara chat lama yang terkadang sudah tidak penting sudah lenyap. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa gunakan langkah-langkah berikut ini

Menu > Settings > Chats and Calls > Chat History > Clear All Chat

Namun apabila kamu ingin menghilangkan chat dari group terpilih maupun orang-orang yang dipilih caranya berbeda. Berikut caranya 

Buka chat yang ingin di clear > Menu > More > Clear Chat

Tandai Sudah di Baca / Belum

 Tandai Sudah Dibaca
Tandai Sudah Dibaca
Apabila sudah tergabung dalam sebuah group mungkin kamu akan mengalami banyak angka notifikasi yang bikin malas buat baca. Nah, dengan fitur mark as read / unread bisa membantumu untuk menghilangkan notifikasi angka yang terkadang pengen untuk dihilangkan tanpa membuka chatnya. Cara ini bisa kamu coba deh.

Notifikasi Custom

 Custom Notification
Custom Notification
Tidak bisa dipungkiri beberapa kontak di whatsapp kita merupakan orang yang lebih penting dan mendapat prioritas dari kita. Kadangkala kita ingin mendapatkan notifikasi khusus untuk kontak yang penting sehingga tidak tenggelam bersama notifikasi yang tidak penting lainnya. Fitur ini benar-benar membantu kita untuk mengetahui dengan custom notifikasi.

Link Preview

Seperti di aplikasi chatting line yang juga populer, whatsapp kini memunculkan link preview ketika paste link. Tapi kurang tahu juga pastinya, karena enggak semua website bisa muncul previewnya. Silakan dicoba sendiri apakah muncul link previewnya

Itulah 6 fitur terbaru dari whatsapp, jadi kalau kamu belum menemukan keenam fitur tersebut berarti kamu harus update whatsapp yang kamu gunakan secepatnya supaya bisa segera menikmati fitur-fitur terbaru itu.

Ikuti terus kumpulan tips dan trik android di blog ini, karena kontennya akan terus di update sesering mungkin.

Semua gambar diambil dari website Makeuseof