Selasa, 14 Agustus 2018

Cara Mudah Mengganti DNS di Android Tanpa Aplikasi / Root

Tutorial Setting DNS
Aplikasineandroid - Bagi sebagian pengguna ponsel pintar android mungkin enggak paham dengan apa yang disebut DNS. DNS memiliki kepanjangan Domain Name System yang merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Nah ketika kita terhubung ke internet, secara default kita akan menggunakan DNS dari provider internet kita. DNS dari provider ini terkadang memiliki kendala diantaranya membatasi konten-konten tertentu sehingga tidak muncul di halaman kita, terkadang kemampuan DNS server juga memperngaruhi kecepatan. Nah, itulah alasan kenapa terkadang kita perlu mengganti DNS server pada koneksi kita.

Pada kesempatan ini Aplikasineandroid ingin berbagi info bagaimana sih mengganti settingan DNS di Android, terutama untuk jaringan wifi yak. Untuk mobile data untuk saat ini belum memungkinkan kalau dilakukan tanpa root maupun aplikasi.

Langkah - Langkah Mengganti DNS di Ponsel Android

Berikut beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengganti DNS di perangkat android yang kamu gunakan,  terutama jaringan wifi yak! Menunya mungkin ada perbedaan, karena pada kesempatan ini aku menggunakan ponsel MI A1
  1. Buka settings > Network & Internet  > WIFI
  2. Hubungkan dengan wifi
  3. Tap dan tahan wifi yang koneksinya sedang aktif dan pilih modify network
  4. Klik advanced options
  5. IP Settings ubah menjadi static
  6. Scroll ke bawah dan isi DNS 1 dan DNS 2
  7. Ada beberapa DNS yang bisa dipilih seperti
    • DNS Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
    • OpenDNS : 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
    • DNS Cloudlare :  1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  8. Save
  9. Coba browsing ulang
Dengan langkah singkat tersebut kamu sudah berhasil menggunakan DNS customm sesuai keinginan. Lalu bagaimana memilih DNS yang bagus ? Nah, ketiga DNS yang kami sertakan diatas merupakan yang terbaik.

Konon DNS Cloudflare yang baru rilis tahun 2018 ini selain cepat juga tidak menyimpan ip address dan informasi browsingmu sehingga bisa dibilang lebih secure dibanding DNS yang lain. Sekarang tergantung kamu mau pakai yang mana :)

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait

Cara Mudah Mengganti DNS di Android Tanpa Aplikasi / Root
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email