Kamis, 17 Desember 2020

WOWLabs, Wadah Kokreasi untuk Pemburu Konten dari Smartfren

Smartfren WowLabs


Terlihat jelas dunia digital semakin berkembang. Untuk orang yang tidak mengikuti bisa tertinggal. Karena adanya perkembangan harus diikuti dengan adaptasi kalau tidak mau tertinggal, kecuali memang diri kita sendiri yang meninggalkannya.

Sadar nggak sih sekarang ini apa-apa konten. Tua, muda, apa saja bisa dijadikan konten oleh mereka. Pun dengan platform yang semakin bervariasi. Konten bisa berupa tulisan ataupun video, kita hanya perlu memilih platform mana dan mengoptimasinya. Pada umumnya sebelum sebuah konten dikerjakan dilakukan riset terlebih dahulu. Tetapi yang dikerjakan berdasarkan spontan, tanpa riset melainkan pengalaman memberikan insight yang luar biasa. Membuat konten tidak harus viral.

Apakah kamu seorang konten kreator? Sudah menjadi atau masih ingin? Jika belum, lakukan saja apa yang kamu minati dan tekuni. Lihat dan buktikan sendiri perkembangan yang terjadi pada diri. Kata orang bekerja sesuai dengan hobi itu menyenangkan.

Baru-baru ini aku dengar Smartfren meluncurkan WowLabs, sebuah wadah untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia yang berbasis kokreasi. Dilansir dari wikipedia, kokreasi adalah kreasi bersama, dalam konteks bisnis, mengacu pada proses desain produk atau layanan di mana masukan dari konsumen memainkan peran sentral dari awal hingga akhir. Tidak terlalu spesifik, istilah ini juga digunakan untuk segala cara yang memungkinkan bisnis konsumen mengirimkan ide, desain, atau konten. 

Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store. Saat ini mereka kokreasi produk limited edition, produk yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya menggunakan desain karya Addy Debil. Sebagian hasil penjualan produk limited edition tersebut akan digunakan memperkuat pembangunan berbasis komunitas, salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren.

Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Hana Madness, membuat karyanya dengan inspirasi dari pergelutan pribadinya dengan kesehatan mental. Sedangkan Show the Monster merupakan sebuah tim yang dipimpin oleh Evan Aditya membuat desain karakter berbentuk macam-macam monster.

Kemudian, Ahha Official Store dan Stayhoops merupakan brand lokal yang dikenal memproduksi berbagai produk fashion. Bukan tidak mungkin aku, kamu, siapapun anda generasi konten masuk ke dalam wadah kokreasi buatan Smartfren ini.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua.”

Ini adalah angin segar untuk generasi konten. Sudah siapkah kamu menjadi generasi konten yang berkokreasi melalui wadah WowLabs ini? Menjadi salah satu kontributor mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Pasti orang-orang disekitar kita ikut bangga tentang itu. Apapun itu, persiapkan dirimu menjadi yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk sekitar.

Bagaimana? Kokreasi seperti apa yang terbesit dalam pikiranmu? Konten seperti apa yang akan kamu kembangkan?

Artikel Terkait

WOWLabs, Wadah Kokreasi untuk Pemburu Konten dari Smartfren
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email