Cara Hapus File Other / Lainnya di Xiaomi Storage

Cara Hapus File Other / Lainnya di Xiaomi Storage

Storage penuh! Pesan error yang didapatkan ketika sedang melakukan export video untuk konten salah satu media sosial yang tim saya kerjakan di kantor. Aneh sih, handphone yang hanya digunakan untuk CS kok bisa sampai penuh. Padahal memiliki kapasitas penyimpanan 32Gb.

Tim saya juga sudah menghapus banyak file berukuran besar, membersihkan galeri, clear cache dan berbagai pembersihan file-file log lainnya. Faktanya, memorinya memang sudah penuh. Setelah saya cek di file manager ternyata ada 17Gb yang dihabiskan oleh file other.

File Other di Handphone Redmi

Hapus Other  di Xiaomi

Saya tidak begitu yakin sebenarnya apa isi dari file other di handphone redmi yang membuat storage handphone penuh. Sepertinya ini semacam file trash / recycle bin yang boleh dikosongkan untuk membuat media penyimpanan longgar lagi.

Sehingga nggak ada masalah meskipun file other ini dihapus. Nggak akan membuat handphone error. Saya mengatakan ini karena sudah menghapus file ini dan handphone bisa tetap digunakan oleh cs tanpa ada halangan apapun

File manager yang bisa memunculkan hidden folder sepertinya akan bisa digunakan untuk menghapus file ini. Pada aplikasi bawaan redmi sepertinya fitur tersebut enggak ada, sehingga saya memutuskan untuk menghapusnya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download gratis di play store.

Cara Menghapus File Other di Xiaomi
Storeage Analyzer

Aplikasi yang saya gunakan untuk menghapus file Other adalah Storeage Analyzer yang bisa kamu download di sini. Setelah proses download selesai, langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut ini
  • Buka aplikasi Storage Analyzer 
  • Tunggu proses scaning aplikasi hingga selesai
  • Buka file categories
  • Hapus file other yang ada di paling atas
Setelah proses tersebut selesai, storage pada handphone xiaomi nggak akan penuh lagi bund.