Sabtu, 18 Juni 2016

Android N: Namey McNameface, Preview dan Beberapa Fitur Baru



Google selalu memberikan nama pada setiap versi Android terbaruya. Nama yang diberikan untuk update OS Android selalu berkaitan dengan makanan manis dan dalam urutan abjad. Sejauh ini kita ketahui nama-nama untuk versi Android adalah Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop dan Marshmallow. Untuk urutan abjad selanjutnya adalah N. Apakah nama untuk Android N? Simak ulasannya di aplikasineandroid berikut ini.



Android N: Namey McNameface

Kita pasti membayangkan nama untuk Android N berhubungan dengan makanan yang manis. Tetapi pada kenyataanya Google mengalami kesulitan dalam memutuskan nama yang mana yang akan dipakai. Google membuka voting kepada nitizen dari seluruh dunia dalam memilih nama baru untuk Android N. Vote ini dilakukan melalui situs https://www.android.com/versions/name-n/  yang resmi dtutup pada tanggal 8 juni. Nama resmi untuk Android N akan segera diumumkan oleh pihak Google.

 Dalam pengembangan review terbaru seorang Easter Egg bercanda menyarankan nama Adroid N adalah Namey McNameface. Jadi kita bisa dengan bebas memberi nama untuk Android N. Hal ini bisa kita lihat saat mengetuk huruf N pada setting ponsel dan Anda akan melihat hal berikut ini:




Beberapa saran dari Nitizen untuk nama Android N yang paling banyak adalah Nutella, Nectar, Nacho, Nougat, Neapolitan dan Nuts. Nama mana yang akan dipilih pihak Google? Kita tunggu saja.


Tanggal Rilis dan Fitur Baru Android N

Android N atau android versi 7.0 preview pertama kali pada awal Maret 2016. OS Android N petama kali terinstal pada Nexus 5 dan Nexus 6 untuk ponsel 2016. Upgrade Android N pada ponsel Nexus lama dan Android lainnya menjelang akhir tahun atau awal tahun 2017.

Setelah itu Google telah menyediakan timeline preview berikut. Preview 1 adalah rilis awal atau versi Alpha dari Android N. Preview 2 dan Preview 3 update beta tambahan. Preview 4 akan mencakup API final dan SDK resmi, Mainkan Publishing, sementara Preview 5 adalah akhir dekat-sistem gambar untuk tes-menit terakhir. Rilis final akan mengikuti Preview 5 di Q3 2016.Pada Musim panas bulan Agustus atau September 2016  Developer Preview akan hidup dan versi final dari Android N akan diumumkan oleh Google. Selain itu Google juga akan mengkonfirmasi nama sistem OS terbarunya, yang sekarang masih kita sebut sebagai Android N.


Android N sering disebut sebut sebagai Android 7 memiliki beberapa fitur baru yang merupakan bentuk penyempurna dari versi Android sebelumnya, Marsmallow. Berikut beberapa Fitur Baru Android N. 
1. Integrasi dengan VR (virtual reality)
Google pada keynote event mengumumkan integrasi Android VR dan Daydream di sistem operasi Androin N. Daydream, bagi Anda yang belum tau adalah platform virtual reality yang dibangun di Android N. Sebuah smartphone bersertifikat Daydream ketika digabungkan dengan modus VR baru di Android tentunya akan meningkatkan kinerjanya dalam headset.
 2. Peningkatan keyboard Google
Keyboard Google juga akan mendapatkan beberapa fitur baru di Android N. Raksasa mesin pencari ini akan membawa tema baru untuk keyboard, dimana pengguna bisa lebih leluasa melakukan kostumasi dengan menambahkan dan menghapus pembatas antara tombol atau dengan menambahkan warna. Android N juga akan menyertakan karakter emoji baru yang bersertifikat Unicode 9.
3. Notifikasi lebih interaktif
Ini mungkina salah satu update terbesar di Android N. Google dengan sistem operasi mobile barunya ini akan membawa panel notifikasi yang semakin canggih dimana pengguna bisa langsung membalas chatting, bahkan memperluas kemampuannya dibandingkan dengan yang ada di Marsmallow sekarang ini dengan memberikan lebih banyak pilihan, mengakses lebih capat dan dapat beralih dengan menggeser panel dua kali. Selain itu pengguna bisa langsung membalas pesan dengan klik pada notifikasi.
4. Gabungan notifikasi
Apabila Anda merasa risih dengan banyaknya tumpukan notifikasi pada jendela notifikasi di smartphone Anda, fitur ini nantinya bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Google membuat sebuah fitur yang bisa menggabungkan notifikasi dalam satu grup pada aplikasi. Anda juga bisa melihat tumpukan notifikasi pada setiap aplikasi, cukup dengan melakukan tap pada kumpulan aplikasi untuk bisa melihat seluruhnya.
5. Merubah tampilan pengaturan
Android N juga memiliki halaman pengaturan yang baru. Halaman pengaturan baru menunjukan saran-saran untuk pengguna dibagian atasnya, dimana pengguna akan diberitahu segala hal yang masih belum beras di pengaturan smartphonenya, seperti pengaturan akun email, perintah suara, dll. Semua pilihan juga menunjukan persentase baterai yang tersisa serta berapa lama lagi smartphone bisa bertahan.
6. Data saver
Selain halaman pengaturan baru, ada juga fitur baru di pengaturan tersebut. Dimana adanya fitur baru yaitu Data Saver, dimana jika mengaktifkan fitur ini maka smartphone akan lebih menghemat penggunaan data. Data saver ini juga sudah ada di browser Google chrome dengan menambahkan extensions dengan nama yang sama.
7. Lebih mudah melakukan multitasking
Dengan sistem operasi terbaru Android N ini, pengguna akan bisa melakukan tab dua kali pada tombol multi windows untuk mengakses aplikasi terakhir atau halaman yang mereka buka di smartphonenya. Terdapat juga pilihan untuk membersihkannya “Clear All” pada perangkat Nexus untuk menyingkirkan semua aplikasi yang dibuka di latar. Selain itu OEM Android sudah memiliki opsi menghemat waktu juga.
8. Split-Screen
Android N akhirnya membawa mode split-screen / membagi layar di smartphone. Seperti terlihat pada smartphone high-end Samsung. Mode layar terpisah memungkinkan pengguna untuk menelusuri aplikasi pada satu jendela, ketika bekerja pada aplikasi lain di jendela kedua. Kedua jendela juga dapat diubah ukurannya. Aplikasi perlu diperbaharui untuk bisa kompatibel dengan fitur ini, tentu ini menjadi pekerjaan baru untuk para pengembang aplikasi.
9. Google Assistant
Pada asisten Google terbaru, kita bisa terlibat lebih dalam saat melakukan percakapan dengan perangkat Android dengan Now (asisten pencari digital Google saat ini), untuk bisa menyelesaikan tugas Anda, misalnya ketika ingin mencari tahu soal informasi atau memesan reservasi restoran.
10. Aplikasi Instan
Pada sistem operasi terbaru Android N ini pengguna bisa menggunakan aplikasi tertentu tanpa harus mengunduh atau memasang aplikasinya. Hal ini tentu akan berguna apabila Anda ingin berbelanja online. Pada event Google i/o yang baru-baru ini diselenggarakan, dicontohkan ketika berbelanja di shopify hanya dengan sekali tap saja transaksi sudah langsung selesai dilakukan. Tanpa perlu proses checkout yang rumit.
11. Doze on the Go
Android 6.0 Marshmallow adalah sistem operasi Android pertama yang dilengkapi dengan aplikasi penghemat baterai Doze. Aplikasi Doze on the Go yang baru ini tidak akan jauh berbeda dengan versi sebelumnya.
12. Night Mode
Mirip dengan fitur Night Shift milik Apple, fitur Night Mode di Android juga dapat mengurangi ketegangan saraf mata ketika melihat cahaya terang pada layar ponsel pada malam hari.
13. System DPI Change
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan DPI (Dot Per Inch) atau yang biasa dikenal dengan resolusi. Perubahan resolusi ini termasuk ukuran huruf yang ingin dipakai pada seluruh sistem.








Artikel Terkait

Android N: Namey McNameface, Preview dan Beberapa Fitur Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email