Cara Menggunakan Dua Aplikasi Sekaligus dalam Satu HP Android Pie

Cara Menggunakan Dua Aplikasi Sekaligus dalam Satu HP Android Pie

 cara menggunakan dua aplikasi di android pie
Sebagai penjual online, aku membuthkan lebih dari satu aplikasi chat pada perangkat android yang aku gunakan saat ini. Yaitu MI A1. Sayangnya, dengan sistem operasi pure android, aku nggak bisa menggunakan fitur dual apps dari MIUI yang ada pada ponsel Xiaomi.

Nah, untuk itu aku pernah menggunakan GBWhatsapp dan GBInstagram untuk membuat dua aplikasi tersebut di perangkat android yang aku gunakan. Namun belakangan aku ada masalah dengan GBWhatsapp, beberapa kali chat hilang dan berubah menjadi blank yang kemudian cukup mengacaukan orderan dari para pembeli yang sudah masuk. Beruntung aku masih menyimpan backup untuk kontak mereka secara manual.

Dari situ aku berfikir, bagaimana caranya hape android MI A1 ini bisa memiliki lebih dari satu aplikasi chat dan bisa online secara bersamaaan. Setelah cukup lama mencari-cari akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan fitur multi account di android MI A1 ini sehingga sekarang bisa menggunakan dua whatsapp dari playstore di satu hp android.

Cara Install Dual Apps di Android Pie

Oh iya, sekadar informasi saja. Di postingan ini aku mencoba menggunakan perangkat MI A1 dengan sistem operasi Android Pie. Jadi kalau kamu menggunakan versi android lain, mungkin kasusnya akan berbeda. Cara ini harusnya bekerja pada semua ponsel android dengan sitem operasi minimal Pie.

Selain itu, pastikan kalau kamu memiliki cukup banyak space kosong di perangkat. Karena kita butuh space baru di user baru nanti. Karena file yang ada di user lama tidak dibagikan di user baru. Mereka punya jatah space sendiri.

 cara menambahkan user di android
cara menambahkan user di android
Pertama, harus mempersiapkan dua email. Kita akan menambahkan akun tambahan di ponsel android ini. Kenapa? Karena untuk mendownload aplikasi whatsapp resmi dan supaya semua fiturnya bisa digunakan, terutama fitur backup yang super duper penting untuk urusan pekerjaan. 

Kedua, swipe ke bawah menu notifikasi atas / shortcut. kemudian klik gambar orang terus add user. Tambahkan email kemudian ikuti langkah-langkahnya seperti ketika mendaftarkan hape android baru.

Ketiga, apabila berhasil kita bisa memilih login sebagai user yang mana dengan data dan aplikasi yang hanya dimiliki user tersebut. Enak to?

Pro dan Kontra Multiuser di Android Pie

Ada beberapa informasi tentang multi user di android pie. Adapun data yang dibagikan antar user dalam satu perangkat ini diantaranya adalah
  • Update aplikasi yang ada di dua user. Apabila menginstall dua whatsapp di dua user, ketika kita update di salah satu user maka user satunya juga langsung otomatis terupdate 
  • Beberapa setting yang berhubungan dengan perangkatnya seperti password wifi, bluetooth dan sebagainya.
Nah, karena yang aku butuhkan untuk saat ini hanyalah whatsapp, beberapa hal yang aku sukai dari dual app di android menggunakan sistem multi user ini adalah
  • Whatsapp di user yang sedang tidak aktif itu tetap berjalan di background. Notifikasinya nggak muncul di user yang sedang aktif. Namun apabila menggunakan whatsapp web, keduanya aktif.

    Jadi gini, nomer A aku gunakan di user X. Nomor B, aku gunakan di user Y. Ketika aku di user Y, notifikasi dari whatsapp nomor A tidak akan muncul sama sekali. Begitu pun sebaliknya. Namun kedua notifikasi itu tetap muncul apabila kita hubungkan dengan whatsapp web. Keduanya berjalan normal.
  • Emang sih, terkadang agak ribet harus pindah-pindah user hanya untuk membalas chat dari customer. Tapi ya bagaimana lagi, bisanya kaya gitu e. Dinikmati aja sampai ada yang mau kasih hape android baru :D
  • Kalau kita sedang aktif di user kedua, enggak tahu kenapa wa di user pertama itu non aktif. Meski nggak terus-terusan tapi terkadang hal terserbut terjadi. Makanya nggak dapat notifikasi dari wa pertama di komputer. Jadi harus pindah ke user utama dulu biar aktif semuanya.
Bagaimana? Apakah menurutmu di atas merupakan cara paling mudah untuk install dua aplikasi pada satu perangkat android? Nggak terbatas pada whatsapp aja sih, tapi bisa aplikasi apapun. Kalau menurutku dibanding menggunakan aplikasi android semacam paralel space ini sudah lebih dari cukup untuk chat aja. Kecuali kalau ada handphone lain ya mending pakai hp lain deh. Jadi sekarang terserah kamu mau pakai cara ini atau cara lain.