Kamis, 16 Mei 2019

Mencoba Browser Microsoft Edge di Android

Microsoft Edge di Android
Microsoft Edge browser di Android sudah ada sejak tahun 2019, namun aku sendiri baru mencoba untuk install aplikasi bawaan microsoft ini beberapa hari yang lalu. Microsoft Edge merupakan sebuah browser yang menggunakan engine Blink yang dikembangkan pada project chromium dengan kontribusi dari Google, Opera, Adobe, Intel, Samsung dan masih banyak lagi. (sumber)

Pada kesempatan ini Aplikasineandroid.com ingin berbagi review singkat atau yang lebih dikenal dengan first impression tentang penggunaan browser microsoft edge di perangkat android. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya selama ini browser bawaan microsoft selalu dijelek-jelekkan. Bahkan banyak guyonan bahwa browser internet explorer yang merupakan pendahulu dari microsoft edge hanya berfungsi untuk mendownload google chrome maupun mozila firefox.

Namun, microsoft edge yang tersedia di android ini menurutku berhasil merubah pandangan tersebut. Belakangan langkah microsoft yang mulai beradaptasi dengan berbagai software open source memang menghasilkan aneka ragam hal-hal menakjubkan. Mungkin microsoft edge ini merupakan salah satunya.

Kesan Pertama Menggunakan Microsoft Edge di Android

Aku sempat kaget ketika melihat microsoft edge yang ada di android mendapatkan rating yang cukup bagus. Dengan lebih dari 5 juta install, rating rata-rata yang didapatkan oleh microsoft edge ini ada di angka 4.3. Dari situ, aku pun mencoba untuk install microsoft edge android yang berukuran sekitar 80 MB untuk perangkat android MI A1 yang saat ini aku gunakan.

Icon cantik circular dengan huruf E ala internet explorer sudah nangkring di hape android tatkala proses instalasi berhasil. Kesan pertama ketika membuka aplikasi ini benar-benar di luar dugaan. Mesin pencarian dengan logo microsoft pada bagian tengah dan beberapa icon jejaring sosial populer di bawah kolom pencarian bener-bener cakep.

Sekilas tampilannya memang mirip dengan opera untuk yang sudah menggunakannya, namun jujur aku lebih suka dengan penampilan Microsoft Edge ini dibandingkan opera. Penggunaan Bing sebagai search engine default memang tidak bisa dipungkiri. Karena Bing memang merupakan search engine besutan microsoft. 
Microsoft Edge di Android
Microsoft Edge di Android

Membuka sebuah halaman web di microsoft edge pun tidak jauh berbeda dengan ketika kita membuka menggunakan aplikasi google chrome. Mungkin karena kesamaan engine ini membuat aplikasi microsoft edge ini bisa disetarakan dengan browser populer dan modern yang lain.

Selain itu ada beberapa fitur yang belum aku coba, berikut beberapa fitur andalan dari Microsoft Edge yang perlu dicoba lagi.
  • Adanya fitur adblock plus yang secara default memang tidak aktif, namun pengguna bisa mengaktifkannya dengan cara membuka menu > Settings > Aktifkan Content Blockers
  • Sinkronisasi konten yang antara microsoft edge di android dengan yang ada di PC. Jadi bisa sinkron antara halaman yang diakses di perangkat mobile dengan PC. Sayangnya aku udah cukup lama tidak menggunakan windows. Mungkin ada yang mau membelikan :D ?
  • Microsoft Rewards bisa diperoleh dengan login menggunakan microsoft account. Aku kurang tahu apa saja rewards dan manfaatnya mendapatkan poin dari penggunaan browser ini. Mungkin ada yang sudah mencobanya? 
MEMungkin itu sedikit review sederhana tentang microsoft edge yang ada di perangkat android. Apabila kamu sudah mencobanya cukup lama, mungkin bisa cerita bagaimana pengalaman dalam menggunakannya melalui kolom komentar. Atau mau mencoba gegara membaca postingan ini? Kamu bisa mendownload browser gratis ini melalui link di bawah ini

Download Microsoft Edge di Android

Aplikasi Microsoft Edge
Ukuran 80 MB
Harga Gratis
Download

Artikel Terkait

Mencoba Browser Microsoft Edge di Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email