Rabu, 31 Juli 2019

Cara Memindah Data dari HP Android ke Flashdisk

cara pindah data ponsel ke flashdisk
Memindahkan data dari hp android ke flashdisk untuk digunakan di komputer maupun laptop merupakan salah satu hal yang mulai sering aku lakukan saat ini. Biasanya aku menggunakan airdroid untuk memindahkan data dari ponsel ke perangkat komputer maupun laptop.

Namun ada beberapa kendala di airdroid yang makin lama makin membuatku malas untuk menggunakannya, diantaranya harus coba restart koneksi di ponsel ketika mau menghubungkan atau mendownload sebagai berkas zip untuk beberapa file yang di download bersamaan.

Belakangan aku mengetahui bahwa ternyata ada aplikasi android yang memberikan kemudahan untuk memindahkan foto dari ponsel ke flashdisk, terutama pengguna flashdisk dengan merk sandisk seperti yang aku gunakan.

Flashdisk untuk Pindah Data dari Ponsel

Saat ini aku memiliki flashdisk merk sandisk yang memiliki port di masing-masing ujungnya, yaitu USB 3 dan USB C. Ini memudahkanku untuk memindahkan file dari hp samsung galaxy A50 yang menggunakan port USB C untuk charge dan data ke laptop macbook pro yang juga menggunakan teknologi thunderbolt 3 yang menggunakan port USB type C. Colokan USB 3 di flashdisk cukup berguna untuk memindahkan data ke komputer maupun laptop yang masih menggunakan USB Type A. 

Cara memindah data dari ponsel ke flashdisk sama seperti ketika kita memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain. Yaitu dengan

  1. Hubungkan flashdisk ke ponsel
  2. Buka aplikasi Memory Zone (Biasanya sudah langsung terbuka ketika flashdisk sudah terhubung dengan ponsel)
  3. Pilih file yang ingin di copy (baik di ponsel maupun di flashdisk)
  4. Paste file yang di copy di tempat yang diinginkan (baik dari flashdisk maupun dari ponsel)
Selain bisa digunakan untuk memindahkan data dari ponsel ke flashdisk maupun sebaliknya. Ada beberapa tools bermanfaat pada aplikasi memory zone ini, diantaranya ada Delete Junk Files, Clean up Whatsapp Media, Backup dan Restore serta Manage Apps yang dapat digunakan untuk optimasi memori di ponsel android.

Gegara aplikasi ini, aku jadi tahu kalau ternyata Sandisk itu merupakan produk dari Western Digital. Merk hardisk yang selama ini aku gunakan untuk menyimpan data digital.

Download Memory Zone untuk Memindahkan Data ke Flashdisk

Jika kamu sudah punya aplikasi file manager yang mumpuni, aplikasi android semacam memory zone ini nggak terlalu penting untuk diinstall. Hanya jika file manager yang ada di ponselmu itu nggak terlalu bagus, ada baiknya untuk install aplikasi ini. Apalagi kalau kamu juga pengguna sandisk seperti aku.

Aplikasi Memory Zone
Ukuran Tergantung ukuran
Harga Gratis
Download

Artikel Terkait

Cara Memindah Data dari HP Android ke Flashdisk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email