Kamis, 23 April 2020

Bongkar Tuntas Perdana Smartfren 1ON+


Beberapa waktu lalu, Smartfren meluncurkan produk perdana terbaru yaitu Perdana Smartfren 1ON+ yang dibaca ionplus. Entah kenapa kok aku langsung teringat dengan iklan salah satu produk minuman Jepang yang jelas nggak ada hubungannya sama kartu ini, tapi sama-sama menggunakan kata ion dalam iklannya.

Pada kesempatan ini, aplikasineandroid.com akan mencoba membongkar tuntas tentang kartu perdana Smartfren Ion plus yang belum lama ini diluncurkan oleh Smartfren.

Apakah semua klaim dari Smartfren tentang keunggulan kartu ini benar? Simak ulasannya di bawah ini



Enggak Perlu Kartu Hangus!

Klaim pertama, enggak perlu kartu takut hangus!

Smartfren iONplus ini memiliki masa aktif 365 hari alias satu tahun sejak diaktifkan

Untuk membuktikan ini benar, kita harus membeli kartu Smartfren 1ON+ dan melakukan aktivasi kartu ini. Sayangnya Aku nggak punya kartu Smartfren 1ON+ dan sudah memiliki tiga nomor Smartfren yang digunakan di tiga perangkat berbeda

Mungkin ada yang punya kartu Smartfren 1ON+? Bisa coba tulis di kolom komentar apakah setelah aktivasi bisa melihat kalau masa aktif kartunya adalah satu tahun?

Internet Pasti On Terus

Klaim kedua, internet pasti On terus.

Jujur, Aku masih sedikit bingung dengan klaim kedua ini. Maksud dari internet on terus itu bagaimana? Kalau mengikuti klaim pertama, tanpa isi ulang kartu ini memang bisa on terus karena mendapatkan kuota sebesar 500MB setiap 30 hari selama enam bulan yang apabila diakumulasi adalah 3Gb seperti yang tercantum di bungkus perdana.

Sedangkan di halaman resmi Smartfren 1ON+ ini, ada gambar handphone, sinyal dan 4G untuk kelebihan Internet Pasti On. Aku mengasumsikan bahwa, jaringan internet Smartfren 4G bisa diakses terus selama kartu aktif

Klaim tersebut memang benar. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dulu Smartfren merupakan operator CDMA yang kemudian beralih menjadi GSM.

Nah, proses peralihan ini membuat Smartfren merubah semua frekuensi pada pemancarnya menjadi GSM yang sudah mendukung teknologi 4G. Ia tidak menggunakan teknologi 3G, karena sudah mulai ditinggalkan. Jadi jangan heran untuk pengguna ponsel 3G, tidak akan pernah bisa internetan dengan Smartfren

Bonus Kuota Mingguan

Kuota Mingguan

Klaim ketiga, bonus kuota mingguan. Di paketan 1ON+ ini, smartfren menawarkan kuota mingguan hingga 13Gb! Angka yang cukup besar kan?

Gimana cara mendapatkan kuota mingguan? Kamu harus melakukan isi ulang voucher data, voucher data 1ON+, atau paket Volume Based dengan nominal minimal 10ribu setiap minggunya.

Setiap kamu mengisi voucher data minimal 10ribu setiap minggunya, kamu akan mendapatkan bonus kuota sebesar 250 MB. Nah, bonus ini tidak berlaku kelipatan. Jadi jangan coba-coba mengisi lebih dari satu kali dalam seminggu, karena cuma satu yang diitung.

Apabila setiap minggu kamu isi ulang terus menerus, kamu akan mendapatkan 1Gb tambahan kuota yang bisa kamu gunakan untuk apapun.

Karena Smartfren menggunakan skema mingguan, dalam waktu satu tahun terdapat 52 minggu. Jadi dalam waktu satu tahun kamu akan mendapatkan 250 Mb x 52 Minggu. Totalnya memang ada 13 Gb

Jadi klaim bahwa bonus kuota mingguan hingga 13Gb itu benar adanya, dengan syarat kamu selalu membeli voucher data setiap minggu dengan nominal minimal 10 ribu rupiah.

Gratis Nelpon Smartfren

Klaim keempat, gratis nelpon ke Smartfren. Smartfren menawarkan gratis telepon ke sesama penggunanya.

Gratis nelpon ke sesama Smartfren ini hanya berlaku selama enam bulan saja sejak aktivasi. Dalam beberapa perdana sebelumnya, gratis nelpon ke sesama pengguna ini juga sudah ada sih. Sehingga belum menjadi nilai plus.

Tapi dalam selebarannya, kualitas teleponya sudah HD. Sama dengan teknologi yang diusung oleh Verizon, salah satu operator seluler  di Amerika sana yang sama-sama menggunakan teknologi VOLTE (Voice Over LTE) untuk telepon.

Kualitas telepon HD Voice ini menyediakan suara yang lebih jernih, apabila kedua orang yang telepon ini sama-sama memiliki fitur ini. Untuk bisa mengaktifkan ini, kamu bisa coba baca panduannya di sini.

Jadi klaim gratis nelpon ke sesama Smartfren selama enam bulan ini benar adanya.

Anti Potong Pulsa untuk Internet

Klaim kelima, anti potong pulsa untuk internet. Jadi kalau kuota internetmu habis, pulsa regulermu tidak akan terpotong.

Fitur yang sangat menarik, terutama untuk orang yang terkadang lupa beli paket data. Mungkin kamu juga pernah mengalami pulsa terpotong banyak karena lupa membeli / mengaktifkan pakte data. Fitur ini sangat menguntungkan konsumen.

Skema penggunaan data internet di Smartfren 1ON+ ini adalah sebagai berikut ini
  • Bonus kuota tambahan 250MB (Didapatkan dari pembelian pulsa mingguan)
  • Voucer Data
  • Bonus kuota dari kartu perdana
  • Kuota paket Volume based
Peraturan konsumsi prioritas di atas akan memakan kuota yang masa aktifnya terpendek lalu selanjutnya akan mengkonsumsi kuota terkecil.

Jadi, lebih baik membeli kuota volume based untuk bisa menghabiskan semua bonusan dari Smartfren 1ON+. Karena ada di rantai paket data paling rendah, sehingga digunakan paling akhir.

Sayangnya fitur anti potong pulsa untuk internet ini berlaku hanya enam bulan. Coba kalau fitur ini berlaku selamanya, akan semakin menyenangkan konsumen. Karena pulsa nggak akan kesedot apabila kuota sudah habis.

Dari skema di atas, tidak menggunakan pulsa untuk penggunaan data yang berlebih. Jadi benar, internet bisa tetap on tapi nggak bisa akses apa-apa karena kuota habis.

Saran untuk Pengguna Smartfren 1ON+

Apakah kamu ada yang tidak setuju dengan klaim Smartfren di atas? Jika ada yang tidak setuju bisa tulis di kolom komentar.

Sedangkan apabila kamu berencana menggunakan paket Smartfren 1ON+ ini, ada beberapa saran dari Aku
  • Jangan membeli paket unlimited, karena kamu tidak akan mendapatkan banyak benefit paket data tambahan yang sudah diberikan smartfren.
Mungkin kamu mau menambahkan saran yang lain? Tulis aja di kolom kommentar yang ada di bawah yak!

Artikel Terkait

Bongkar Tuntas Perdana Smartfren 1ON+
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email