3 Aplikasi Editing Ajaib, Bikin Foto Biasa Jadi Instagramable

3 Aplikasi Editing Ajaib, Bikin Foto Biasa Jadi Instagramable

Orang-orang sekarang lebih suka melakukan segalanya menggunakan handphone, termasuk untuk melakukan editing foto. Jadi jangan heran kalau spesifikasi smartphone semakin tinggi dari hari ke hari karena kebutuhannya sudah bukan cuma telepon saja, tetapi sampai hal-hal teknis macam gini.

Jujur sampai saat ini aku nggak terlalu suka editing foto, kalaupun editing foto aku lebih suka menggunakan perangkat komputer maupun laptop. Lebih enak aja ngedit di layar yang besar dibanding cuma di handphone.

Meskipun begitu, karena topik blog ini itu seputar aplikasi android, aku pun akan berbagi beberapa aplikasi yang bisa bikin foto biasamu jadi instagramable! Oh iya, aku pakai Samsung Galaxy A50 ketika menulis artikel ini. 

Adobe Lightroom

Aplikasi Edit Foto Instagramable
Adobe Lightroom
Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik di android. Ada jutaan orang yang sudah mendownloadnya. Ketika artikel ini ditulis, aplikasi sudah di download lebih dari 100juta pengguna android di seluruh dunia.

Siapa yang nggak tau adobe? Salah satu perusahaan software grafis populer. Salah satu yang menarik di Adobe Lightroom adalah pembuatan preset yang biasanya diperjual belikan oleh sesama pengguna. Fitur preset ini sangat membantu membuat tampilan instagrammu serasi dalam kombinasi warna senada. Nggak kaya instagram punyaku yang semrawut isine sak karepku dewe. 

Selain koreksi warna, fitur dasar seperti croping dan rotate juga sudah ada kok. Kalau mau fitur yang lebih komplit ya silakan beli. Beli adobe lighroom original langsung di playsoter, jangan beli mod adobe Lightroom. Itu ilegal.


Snapseed

Aplikasi Edit Foto di Android

Kalau Lightroom merupakan garapan dari Adobe, Snapseed merupakan garapan dari Google. Semua fitur yang ada di Snapseed bisa kamu gunakan secara gratis! Nggak ada iklan di dalamnya, selain itu tampilan grafisnya aku suka. Sederhana.

Brush merupakan fitur yang nggak dimiliki sama Adobe Lightroom, dengan brush kita bisa edit sebagian foto. Gak harus semua foto diedit bebarengan. Ini merupakan salah satu kelebihan dari snapseed yang sangat berguna saat ini.

Selain itu bisa membuat preset dan membagikan preset melalui qr code. Bener-beda sama aplikasi editing foto lain di android. Kalau mau, kamu juga bisa jual preset foto dengan snapseed. Kan lumayan :))


VSCO

VSCO merupakan aplikasi edit foto yang cukup tua. Bahkan setahuku sebelum ada snapseed vsco sudah ada terlebih dahulu. Aku dulu sempat pakai aplikasi ini juga untuk editing foto. Tapi seperti yang aku bilang di awal kalau aku nggak terlalu suka editing foto di handphone karena terlalu kecil

Salah satu alasan nggak pakai VSCO lagi karena disuruh login waktu mau makai. Sama seperti alasanku uninstall canva di perangkat android. Secara garis besar, sama dengan dua aplikasi edit foto yang udah aku bahas di atas.

Versi berbayar VSCO ada di VSCO X harganya cuma Rp250.000/tahun. Bisa dibilang VSCO merupakan pionir aplikasi editing foto di android. Oh iya, selain bisa digunakan untuk editing foto VSCO sudah bisa buat editing video juga lho!

Oh iya, jangan goblok dengan mencari VSCO Fullpack di playstore. Nggak bakalan ada, soalnya itu bajakan dan ilegal.


Apa Aplikasi Editing Foto Favoritmu?

Aplikasi Edit Foto Instagramable

Ada banyak aplikasi editing foto yang bisa dipilih, tapi menurutku tiga aplikasi di atas merupakan yang paling masooook buat editing foto biar bisa bikin foto biasamu jadi instagramable.

Syaratnya kamu harus peka dan ngerti gimana cara menggunakan toolsnya. Sense of color yang kamu miliki juga harus mumpuni. Kalau nggak punya, beli preset gratisan aja juga bisa kok. 

Nah, sekarang pertanyaannya apa aplikasi editing foto yang kamu gunakan di perangkat androidmu? Tulis di kolom komentar yak!