Kenapa Tidak Bisa Download dari Playstore?

Kenapa Tidak Bisa Download dari Playstore?

Aplikasineandroid - Apakah kamu pernah mengalami masalah di android tidak bisa mendownload aplikasi dari playstore? Padahal kamu sangat ingin install satu dari 7 game android gratis terbaik yang ada saat ini. Keinginan main game batal gegara tidak bisa install aplikasi dari playstore. Padahal teman-temanmu bisa mendownload semua, tetapi kamu enggak bisa. Mangkelin kan?

Kalau kamu penasaran kenapa tidak bisa mendownload melalui playstore, mungkin postingan aplikasineandroid kali ini bisa menjawab dan membantumu supaya bisa kembali mendownload aplikasi maupun game dari playstore.

Pembatasan Perangkat

Google Play Store
Image Credit: Bloomicon via Shutterstock.com
Mungkin kamu sesekali akan menemukan status bahwa aplikasi tersebut tidak cocok / tidak bisa digunakan di perangkat androidmu. Peringatan semacam ini sebenarnya bukan menjadi tanda bahwa aplikasi android tersebut tidak jalan di smartphonemu, tetapi para developer game maupun aplikasi menemukan bug yang belum bisa maupun tidak bisa diperbaiki oleh mereka. 

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menginstall aplikasi menggunakan file apk. Namun cara ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan karena bisa saja file apk yang kamu install mengandung virus malware yang bisa merusak.

Terkadang para pengembang game maupun aplikasi android juga menandai aplikasi dengan tanda phone only maupun tablet only. Inilah cara yang paling mudah untuk memberitahukan bahwa aplikasi tersebut hanya dibisa digunakan pada perangkat tertentu. Seperti beberapa jenis aplikasi android yang tidak bisa diinstall di perangkat Moto G  atau Kindle Fire tetapi bisa diinstall dan digunakan dengan nyaman di perangkat Samsung Galaxy Tab.

Pembatasan Wilayah

Salah satu alasan yang juga banyak ditemukan adalah pembawasan wilayah. Sama seperti ketika aku mau install aplikasi kamera terbaik di android yang beberapa waktu lalu di share. Aku tidak bisa menemukan aplikasi google kamera yang katanya cukup bagus untuk digunakan menggantikan kamera yang lama.

Masalah pembatasan wilayah ini cukup rumit jika dibandingkan yang pembatasan perangkat, karena apabila kamu berada di wilayah yang tidak didukung dan tetap memaksa install via file apk bisa jadi kamu tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut karena (mungkin) salah satu syarat untuk menggunakan aplikasi tersebut kamu merupakan penduduk amerika dan berada di wilayah amerika. Meski kamu berhasil melakukan instalasi aplikasi tetapi kamu tidak bisa menggunakan layanannya. useless kann?

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi developer aplikasinya dan memintanya utnuk memperluas wilayah dukungan sehingnga kamu juga bisa merasakan aplikasi tersebut berjalan lancar di daerahmu

HPmu Tidak Memiliki Beberapa Fitur

Ketika kamu membeli ponsel baru, dan memindahkan semua aplikasi dan game android di device lama ke device baru mungkin bisa mengalami hal yang tidak mengenakkan ini. Ketika semua aplikasi maupun  game bisa berjalan dengan lancar di device lama dan tidak bisa berjalan di aplikasi baru, bisa jadi ada fitur di handphone lamamu yang tidak terdapat di perangkat baru.

Jadi aplikasineandroid menyarankan kamu untuk memastikan bahwa handphonemu yang baru harus memiliki minimal semua fitur yang ada di perangkat lama seperti gyroscopes, accelerometers, ambient sensors, temperature sensors, humidity sensors dan masih banyak lagi. 

Apabila mengalami hal tersebut, satu-satunya cara adalah dengan membeli device yang lebih bagus dan lengkap spesifikasinya dibandingkan yang lama.

Kamu Masih Menggunakan Versi Android Lama

Android Version
Image Credit: mirtmirt via Shutterstock.com
Sama seperti kasus sebelumnya, beberapa aplikasi maupun game membutuhkan perangkat lunak dari android yang lebih baru. Karena setiap keluaran android terbaru selalu memiliki banyak fitur baru yang bisa digunakan oleh berbagai macamm aplikasi sehingga bisa berjalan lebih baik.

Jadi tidak salah apabila para developer memilih untuk memberikan tanda aplikasi not compatible daripada harus membuang waktu melakukan coding untuk pengguna android yang lama.  Sama seperti sebelumnya, kamu bisa coba install lagi melalui apk tetapi jangan salahkan siapapun ketika ternyata ada beberapa macam fitur yangn tidak bisa kamu gunakan.

Aplikasi Hanya Untuk Device Tertentu

Para pembuat hp android biasanya menyediakan beberapa aplikasi bundle yang ada di handphone tersebut apabila kamu membelinya. Aplikasi semacam bawaan handphone semacam ini memang biasanya tidak bisa didapatkan dengan bebas, hanya perangkat yang sudah dijelaskan saja yang bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Seperti Samsung dan Motorola, kedua merk hp android tersebut memiliki aplikasi yang hanya bisa digunakan di perangkat mereka. Apabila kamu menginginkan aplikasi yang secara khusus dibuat untuk perangkat tersebut sedangkan kamu tidak menggunakan perangkat dari merk tersebut, ada baiknya kamu untuk mencari alternatif aplikasi yang mirip agar bisa berjalan baik di perangkatmu.

Karena apabila kamu nekat install apknya, aplikasi tersebut belum tentu bisa berjalan dengan baik di perangkatmmu.

Ada Bug di Google Play

Apabila kamu menemukan aplikasi yang sebenarnya bisa digunakan di perangkatmu, namun kamu tetap tidak bisa mendownloadnya mungkin ada yang salah dengan aplikasi play storemu. Apabila download dan install dari playstore tidak berjalan, berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba terlebih dahulu
  • Logout dari aplikasi play store dan buka device settings and navigate to the Application section. Temukan Google Play Store dan tap tombol clear data dan clear cache. Setelah itu coba deh login google play lagi.
  • Uninstall google playstore app dan install lagi setelah itu coba deh apa masih belum bisaa?
  • Restart HP Android mungkin merupakan salah satu cara yang perlu kamu coba. Apakah setelah restart tetap tidak bisa download dari playstore?
Apabila tetap tidak bisa, mungkin permasalahannya tidak di playstore, tetapi pada hal lain yang tidak terbahas di postingan kali ini.

Memori HP Sudah Penuh

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak aplikasi yang memakan memori sehingga kamu tidak memungkinkan untuk install aplikasi baru karena sudah terlalu penuh. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah melakukan uninstall untuk aplikasi-aplikasi yang tidak kamu butuhkan lagi atau memindahkann foto maupun file dengan kapasitas yang besar sehingga memori dalam perangkat androidmu kembali penuh lagi.