Cara Setting, Ganti Nama dan Password Mifi M6 Smartfren

Cara Setting, Ganti Nama dan Password Mifi M6 Smartfren

Setting Mifi M6 Smartfren
Sudah sebulan aku menggunakan Mifi M6 Smartfren untuk koneksi internet dan mematikan semua paket data bulanan yang selama ini aku gunakan, karena lebih hemat. Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi gimana sih cara setting Mifi M6 dari Smartfren. Karena ternyata banyak juga yang cari tahu bagaimana cara ganti nama dan ganti password mifi smartfren ini.

Sebelum memberitahu cara setting wifi mifi smartfren, ada beberapa kondisi yang mungkin berbeda dengan yang kamu lakukan. Kalau kamu masih mempertimbangkan penggunaan modem ini, bisa baca Review Mifi M6 Smartfren yang udah pernah aku tulis sebelumnya. Atau mau beli yang lebih canggih? Aku juga sudah menulis review Mifi S1 Smartfren di blog yang satunya.

1. Setting Mifi M6 Smartfren Baru

Apabila kamu baru memiliki modem wifi Smartfren M6, cukup mudah untuk mengatur settingan wifi yang berupa nama dan password. Berikut akan aku jelaskan untuk kamu yang ingin mengganti nama dan password wifi menggunakan browser di laptop / hape maupun buat kamu yang menggunakan aplikasi mysmartfren di handphone.

Pengaturan Menggunakan Browser

Setting Wifi Mifi M6 Smartfren
Setting Wifi Mifi M6 Smartfren
Jika kamu belum install aplikasi mysmartfren, langkah paling mudah untuk mengubah pengaturan ini adalah melalui browser, baik itu chrome, firefox, uc dan berbagai macam browser favoritmu yang nggak mungkin aku sebutkan satu persatu. Berikut langkah-langkahnya
  1. Hubungkan handphone / laptop / komputer ke hotspot Mifi
  2. Buka jendela browser dan masukkan alamat 192.168.1.1 atau http://modem.wifi/
  3. Halaman login mifi smartfren m6 akan terbuka
  4. Gunakan username dan password admin untuk masuk ke dalam pengaturan
  5. Buka menu setting kemudian pilih menu quick settings
  6. Berikut sedikit penjelasan pada menu yang tertera pada quick settings
    • WiFi SSID merupakan nama dari wifi yang dipancarkan oleh Mifi M6 Smartfrenmu
    • Wifi Key merupakan password untuk terhubung dengan wifi
    • Login Password merupakan password untuk masuk ke dalam settingan Mifi (ganti dan jangan beri tahu siapapun tentang password yang ini)
Jika kamu menggunakan aplikasi mysmartfren, cara setting wifi smartfren sama dengan cara di atas, yang membedakan hanya ketika pertama kali konek wifi dan membuka aplikasi smartfren akan mendapatkan dua pilihan smartphone atau Mifi. Pilih mifi untuk mendapatkan fitur setting Mifi, tentunya setelah berhasil login ke dalam pengaturan modem.
 Setting Mifi di Aplikasi MySmartfren
Setting Mifi di Aplikasi MySmartfren

Buka menu atas dan pilih Admin Mifi untuk bisa membuka halaman pengaturan sama persis dengna yang diakses ketika melalui browser. Bedanya ini nggak perlu ngetik IP, tentu susah untuk yang belum terbiasa / hafal dengan IP Address.

2. Setting Mifi Kalau Lupa Password

Kalau sudah lupa dengan password login wifinya ya agak repot. Karena mifi ini enggak ada fitur forget password. Satu-satunya cara yaitu dengan melakukan reset modemnya. Sehingga kembali ke pengaturan awal.
  1. Buka tutup baterai
  2. Tekan tombol reset 5 detik
  3. Tunggu sampai restart otomatis
  4. Login dengan username dan password yang tertera pada box
Lebih detailnya silakan baca reset mifi smartfren M6 yang udah pernah aku tulis sebelumnya.

Semoga informasi tentang cara setting mifi m6 sampai kalau lupa passwornya bisa membantu teman-teman pengguna modem ini mengatur mifinya. Sehingga bisa nyaman digunakan sendiri maupun bersama dengan teman-teman. Boleh kok membagikan info ini ke teman-teman yang lain pengguna modem wifi smartfran m6. Sehingga kamu bisa mendownload video di youtube dari hape android dengan lancar karena koneksi smartfren yang cukup mumpuni.

Kalau ada pertanyaan seputar modem ini silakan tuliskan di kolom komentar postingan aplikasineandroid.com ini. Mumpung aku saat ini masih pakai ini jadi bisa cerita banyak. Nanti kalau udah nggak pakai ini kan jadi ribet. 

3 komentar

  1. mantaaapp.. terima kasih gan.. berhasil nih pake cara yang pertama

    BalasHapus
  2. Adik saya jg pakai modem ini. Bbrp x saya krm chat di WA selalu muncul √. Saya tanya ternyata modem n gadget on. Bbrp lama kemudian famili yg laen jg krm chat n telp tp jg √.
    Apakah di modem m6x ada menu sleep? Gmn cr mematikannya? Spy bs selalu aktif?

    BalasHapus
  3. Kemungkinan koneksi di daerahnya memang nggak begitu stabil, bukan masalah di modem m6x nya.

    BalasHapus