Minggu, 26 Mei 2019

Hal yang Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru

Mei 2019, aku memutuskan untuk membeli hp baru untuk menggantikan MI A1 yang sudah satu tahun aku gunakan. Sepertinya aku memang tidak begitu cocok dengan handphone Xiaomi, karena hampir setiap satu tahun ada aja alasan untuk segera upgrade ke perangkat yang lebih baik untuk bisa memenuhi kebutuhanku akan smartphone. Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi beberapa tips tentang hal yang harus dilakukan setelah membeli HP baru.

Kalau kamu masih mau membeli hp baru, ada baiknya untuk membaca tulisanku tentang tips memilih handphone sesuai kebutuhan. Supaya kamu tidak menyesali apa yang kamu beli. Karena jujur banyak teknologi yang terbuang percuma tatkala kamu membeli sebuah handphone yang terlalu canggih untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan setelah membeli HP baru dan melakukan beberapa pengaturan dasar seperti pengaturan gmail (android), fingerprint, lock screen dan lain sebagainya.

Restore Data dari Smartphone Lama 

Jika sebelumnya kamu juga menggunakan smartphone android, ada baiknya melakukan backup ke google drive dan merestore di handphone baru. Hal ini akan sangat membantu dibandingkan kamu harus melakukan instalasi berbagai macam pengaturan baru.

Dengan melakukan restore, kita tinggal diam aja nungguin download backup dari smartphone lama ke smartphone baru. Mulai kontak, sms, wallpaper hingga aneka pengaturan aplikasi juga akan ikut tersetting. Nggak perlu sampai dua kali setting ulang.

Instal Aplikasi Dasar yang Kamu Butuhkan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda tentang aplikasi dasar yang dibutuhkan. Kalau aku pribadi beberapa aplikasi yang aku prioritaskan untuk diinstal terlebih dahulu dibanding yang lain adalah sebagai berikut ini
  • Whatsapp
  • Telegram
  • Instagram
Kedua aplikasi di atas merupakan aplikasi dasar yang aku butuhkan ketika baru pertama memiliki handphone. Karena komunikasi utama menggunakan whatsapp untuk klien dan instagram untuk senantiasa update konten di sosmed yang sedang aku kelola saat ini.

Setelah itu mulai install aplikasi lain yang kamu butuhkan seperti aplikasi mobile banking, marketplace, dan aplikasi penunjang yang paling sering kamu gunakan. Jika kamu gamer, mungkin aplikasi yang kamu download terlebih dahulu adalah game-game yang biasa kamu mainkan.

Jadi nggak ada patokan resmi, semuanya sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang memiliki handphone.

Update Sistem Operasi / Security Path

Koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan sebuah keharusan yang harus tersedia setelah membeli hp baru. Jaringan wifi merupakan pilihan terbaik, namun saranku jangan pakai jaringan wifi dari mifi operator selular. Gunakan jaringan wifi yang dipancarkan dari kabel fiber optik seperti Indihome maupun Biznet karena jaringannya cenderung lebih stabil dibandingkan operator seluler.

Baca : Cara Update Android Pie

Dengan melakukan update ini, sistem yang ada di perangkat kita akan lebih stabil dibanding sebelumnya. Selain itu juga semakin aman karena bug yang tadinya ada sudah ditutup. Meski tidak menutup kemungkinan ada bug lain, namun setidaknya sudah lebih aman dibanding sebelumnya.

Update Semua Aplikasi yang Ada

Setleah update sistem operasi, selanjutnya baru update semua aplikasi bawaan yang sudah terinstall di hp android. Melakukan update aplikasi ini penting, karena biasanya bug yang ada sudah diperbaiki bahkan juga mungkin saja ada fitur baru dari aplikasi bawaan handphone. Tidak sedikit aplikasi yang tidak bisa digunakan apabila belum diupdate ke versi paling baru.

Install Aplikasi Favoritmu

Setelah empat langkah di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi favoritmu. Biasanya, aku melakukan proses ini ketika sudah mau tidur. Tinggal tidur biar ketika bangun semua aplikasi sudah terinstall dan siap pakai.

Oleh karena itu, aplikasi dasar yang paling sering aku gunakan selalu aku prioritaskan dulu untuk diinstall. Karena melakukan instalasi aplikasi lain itu butuh waktu yang lumayan, bukan cuma downloadnya, tetapi juga proses instalasinya.

Jadi bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk menggunakan handphone barumu?

Artikel Terkait

Hal yang Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email